Pengertian Cutting Sticker

Apa itu cutting sticker? Sebenarnya apa perbedaan cetak stiker dan cutting sticker? Dalam dunia percetakan dikenal dua jenis pencetakan stiker, yaitu cutting sticker / decals dan cetak stiker. Untuk mendapatkan kualitas cetak stiker vinyl yang terbaik dan sesuai dengan yang diharapkan, perlu untuk memahami perbedaan cetak stiker dan cutting sticker.
Sering saat akan mencetak kita mendengar istilah cetak stiker print and cut dan cutting sticker sebelumnya dan bertanya-tanya apa perbedaannya? Meskipun ini adalah sebuah barang yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, akan tetapi masih banyak yang kurang mengerti perbedaan antara cutting sticker dan cetak stiker vinyl. Sebenarnya stiker vinyl dan decals adalah dua hal yang sama. Tapi stiker vinyl dan decals vinyl sangat berbeda dalam proses pencetakannya dan penting untuk memahami perbedaan cetak stiker dan cutting sticker saat membeli secara online ataupun pada saat membeli langsung di penyedia jasa percetakan terdekat.

Apa Itu Cutting Sticker ?

Contoh Cutting Sticker Decals
Lihatlah contoh produk-produk di atas. Ini semua adalah stiker decals atau yang biasa disebut dengan cutting sticker. Ada stiker untuk macbook, kendaraan, dan dinding. Stiker decals dapat didapatkan dalam banyak jenis varian warna dan penyelesaian finishing yang berbeda tetapi biasanya hanya dalam satu warna. Ini disebabkan karena vinyl stiker decals secara fisik dipotong dari gulungan vinyl (yang sudah ada warnanya) oleh sebuah mesin cutting plotter.

Proses Cutting Sticker

Mesin Cutting Plotter Tampak Dekat
Cutting plotter dihubungkan ke komputer untuk memungkinkannya membaca file desain vektor. Pemotong menggunakan pisau tunggal kecil untuk memotong ke bahan stiker. Pada saat memotong, gulungan stiker biasanya bergerak maju mundur pada saat mesin sedang memotong bahan decal. Pisau pada mesin cutting plotter hanya memotong bagian depan stickernya saja, bagian kertas yang di belakangnya tidak terpotong. Hasilnya terlihat hampir sama persis seperti sebelumnya, akan tetapi sticker decals yang sudah terpotong akan terlihat garis potong yang halus membentuk gambar yang diinginkan.
Setelah bahan dipotong, hasil cetakan dikeluarkan dari mesin untuk dipisahkan bagian stiker yang diinginkan dan stiker yang tidak diinginkan. Proses ini sangat memakan waktu dikarenakan pekerjaan harus dilakukan dengan rapi sehingga tidak terjadi cacat pada bahan stiker. Setelah stiker dilepas, proses selanjutnya adalah proses masking. Proses masking adalah proses menempelkan stiker yang sudah di cutting pada tape masking. Inilah yang kemudian digunakan untuk mengaplikasikan decals ke permukaan.
Contoh Cutting Sticker Oracal Perpaduan Warna
Secara teknis, cutting sticker dapat dibuat dengan perpaduan banyak warna. Tetapi untuk melakukan ini, caranya adalah harus memotong setiap lapisan vinyil secara terpisah dan kemudian melakukan salah satu dari langkah berikut:
  1. Gabungkan semua layer warna kedalam media sebelum melakukan sebuah proses masking. Ini berarti hasil akhir dari stiker decals hanya akan memiliki satu lapisan untuk di aplikasikan ketika anda menempelkannya ke permukaan media.
  2. Rekatkan setiap lapisan secara terpisah. Ini berarti proses pengerjaannya harus menggabungkan setiap lapisan secara terpisah saat mencoba dan menempelkannya di permukaan.
Menyemprotkan satu stiker vinyl sudah cukup banyak pekerjaan. Melakukan opsi 1 di atas sangat memakan waktu untuk menghasilkan dan akan berarti harga stiker akan menjadi sangat mahal.
Melakukan opsi 2 di atas berarti harus menempelkan beberapa lapisan pada permukaan tempat stiker ingin ditempelkan, yang bisa menjadi sebuah pekerjaan yang sangat memakan waktu.

Lalu Apa Itu Yang Dinamakan Cetak Stiker ?

Contoh Stiker Vinyl Pada Toko
Pada umumnya stiker vinyl ini dicetak dengan menggunakan printer format lebar (Large Format). Banyak sekali merek printer large format  yang menawarkan kualitas tinggi seperti mesin cetak Mimaki, Flora, Epson, Roland dan lainnya.
Biasanya pencetakan bahan stiker menggunakan tinta yang mudah menyerap pada bahan dan hasil dari cetakan stiker dapat digunakan untuk kebutuhan promosi dan branding perusahaan. Untuk aplikasi dalam ruang, cetak stiker vinyl memiliki daya tahan yang panjang, sehigga promosi dapat berjalan dengan baik dalam waktu yang lama.
Menggunakan stiker vinyl jauh lebih mudah dibandingkan stiker decal, dalam langkah-langkah cetaknya tidak perlu untuk melakukan proses yang panjang untuk mendapatkan warna warna yang diinginkan. Dengan menggunakan stiker vinyl, stiker dapat dicetak full color dengan resolusi yang tinggi dan hasil cetak dapat di potong dengan menggunakan alat potong manual seperti gunting atau cutter dan bisa langsung untuk di aplikasikan ke media. Setelah mengetahui apa saja perbedaan cetak stiker dan cutting sticker, tentunya akan lebih mudah dalam menentukan langkah promosi menggunakan media cetak stiker bukan?
Share:
Diberdayakan oleh Blogger.